Wireless Broadband

Wireless Broadband adalah sebuah teknologi mutakhir yang menyediakan akses internet nirkabel berkecepatan tinggi dan data network yang dapat diakses kapan saja.

Teknologi dan kecepatan

Sedikit provider Internet nirkabel menyediakan kecepatan download diatas 100 Mbit/s. Kebanyakan akses servis wireless broadband ini diperkirakan memiliki jarak sekitar 50 kilometer dari tower pemancarnya. Teknologi yang digunakan antara lain LMDS (Local Multipoint Distribution Service), MMDS (Multichannel Multipoint Distribution Service) dan WiMAX.

LMDS (Local Multipoint Distribution Service)

LMDS merupakan singkatan dari Local Multipoint Distribution Service. LMDS adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) sebuah organisasi professional non-profit internasional untuk kemajuan teknologi yang berhubungan dengan kelistrikan. LMDS biasanya beroperasi pada frekuensi sekitar 26 GHz dan 29 GHZ. LMDS merupakan sebuah teknologi broadband, wireless, point-to-multipoint yang berfungsi pada daerah yang cukup jauh dari pemancar. Penyebaran jaringan dapat dilakukan sampai 8 kilometer dari tower pemancar tetapi jaraknya biasanya terbatas sampai 2,4 kilometer ketika hujan.

MMDS (Multichannel Multipoint Distribution Service)

MMDS adalah sebuah teknologi telekomunikasi wireles yang digunakan untuk tujuan broadband networking atau ,yang lebih umum, sebagai sebuah metode alternatif untuk TV kabel. MMDS digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Mexico, Russia, Brazil, India, Thailand dan lain-lain. MMDS biasanya digunakan di daerah pedesaan yang ramai dimana memasang kabel tidak memungkinkan secara ekonomis, Ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan servis MMDS di daerah perkotaan.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)

WiMAX adalah protokol telekomunikasi yang menyediakan akses internet mobile yang menyediakan kecepatan 40Mbit/s. Dengan update IEEE 802.16m diharapkan WiMAX dapat menyediakan kecepatan sampai 1GBit/s. Nama WiMAX dibuat di forum WiMAX yang dibentuk pada bulan juni 2001. Forum tersebut menjelaskan WiMAX sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan akses wireless broadband ke daerah yang terpencil sebagai alternatif dari koneksi menggunakan kabel ataupun DSL.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: