Mobile Quality of Services

Dewasa ini perangkat mobile sangat banyak dipakai di dalam masyarakat. Tidak hanya kalangan menengah ke atas saja, kalangan menengah ke bawah pun cukup banyak yang memakai perangkat mobile. Seiring dengan banyaknya penggunaan dan pertumbuhan dari pengguna perangkat mobile tentunya harus diseimbangi dengan peningkatan mutu dari penyedia servis telekomunikasi. Untuk menyediakan service yang baik kepada pelanggan tentu saja diperlukan suatu mekanisme yang menjaga kualitas dari servis telekomunikasi yang disebut sebagai Quality of Services (QoS).

Quality of Services (QoS)

Quality of Services (QOS) adalah mekanisme untuk mengkontrol performa, kehandalan dan fungsionalitas dari sebuah servis telekomunikasi. QoS juga dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk menyediakan prioritas berbeda kepada aplikasi, pengguna, atau data flow yang berbeda-beda atau untuk menjamin suatu performa pada level tertentu pada suatu data flow. Jaminan Quality of service penting jika kapasitas jaringan tidak mencukupi, terutama untuk aplikasi real-time streaming multimedia, seperti voice over IP, game online dan IP-TV, sebab diperlukan bit rate yang fixed dan sensitif terhadap delay, dan pada jaringan dimana kapasitas jaringan terbatas, sebagai contoh pada komunikasi data selular.

Faktor-faktor yang mempengaruhi QoS

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi QoS pada jaringan mobile. Adalah benar bahwa QoS pada dasarnya berada dari sudut pandang pengguna. Ada beberapa indikator dari QoS bagi pengguna yang dapat diukur untuk menilai QoS. Indikator-indikator ini antara lain adalah : Jangkauan, aksesibilitas dan kualitas suara. Kekuatan jangkauan sinyal diukur menggunakan peralatan test tertentu. Aksesibilitas adalah tentang menentukan kemampuan jaringan untuk menangani panggilan yang berhasil dari perangkat mobile ke jaringan perangkat mobile. Kualitas suara meninjau sebuah panggilan yang sukses untuk suatu periode waktu atas kejelasan dari komunikasi. Kesemua indikator ini digunakan oleh industri telekomunikasi untuk mengukur QoS dari suatu jaringan mobile.

Cellular GOS

pada umumnya, GOS (Grade of Service) diukur dengan melihat traffic yang dibawa, diberikan dan menghitung traffick yang diblock dan hilang. Proporsi dari panggilan yng tidak tersambung adalah ukuran dari GOS. Untuk grup sirkuit selular GOS yang dapat diterima atau wajar adalah 0.02 yang berarti 2 dari 100 pengguna dari grup sirkuit akan mengalami panggilan yang tidak tersambung ketika jam sibuk. Standar Grade of Service adalah level wajar dari traffic  yang jaringan dapat hilangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: