Corporate Information Management (CIM)

CIM (Corporate Information Management) adalah suatu proses dari

  • Perancangan strategi
  • Perencanaan supply untuk kebutuhan informasi di masa yang akan datang
  • Penambahan nilai kegunaan dari sumber informasi yang tersedia
  • Mengeliminasi informasi yang berlebih
  • Memastikan menaati legislasi
  • Menambah penghasilan dari investasi pada teknologi informasi

1. Perancangan strategi

Perancangan strategi disini maksudnya adalah CIM bertugas untuk mengenali sumber informasi yang kredibel dan relevan dan membangun sistem yang menyediakan bisnis tersebut jejak tren dan mengantarkan informasi yang telah diinterpretasikan agar perusahaan dapat melakukan respon yang sesuai atas informasi tersebut.

2. Perencanaan supply untuk kebutuhan informasi di masa yang akan datang

Perubahan sudah menjadi bagian pada suatu bisnis. Kebanyakan perusahaan mempunyai berbagai macam projek yang membawa inisiatif bisnis. Sebuah bisnis baru memproses kebutuhan untuk dimonitor dan informasi diperlukan untuk mensupport pembuatan keputusan.

3. Penambahan nilai kegunaan dari sumber informasi yang tersedia

Bisnis disupport oleh sebuah siklus hidup informasi. Informasi dibutuhkan, informasi didapatkan, informasi didistribusikan ke suatu titik kebutuhan dan akhirnya informasi didistribusikan ke suatu titik pembuatan keputusan. Nilai kegunaan informasi didasari atas apakah informasi tersebut menambah efisiensi dan keefektifan dari proses operasional. Kegunaan biasanya merupakan fungsi relevancy, akurasi, kelengkapan dan timeline yang dimana informasi tersedia pada titik kebutuhan. CIM harus memastikan bahwa proses berjalan sebagaimana mestinya untuk memastikan informasi dengan kualitas tinggi jatuh ke tangan orang dengan kualitas yang tinggi pula.

4. Mengeliminasi informasi yang berlebih

Kutukan dari era informasi adalah informasi yang berlebih. CIM harus mengenali informasi apa yang benar-benar dibutuhkan pada bisnis dan informasi apa yang seharusnya tidak lagi disupplai. Dengan mengatur sumber informasi berlebih, biaya dari teknologi informasi dapat dikurangi.

5. Memastikan menaati legislasi(undang-undang)

Legislasi menuntut bahwa suatu perusahaan melindungi informasi klien terhadap penyalahgunaan. CIM harus terus menerus menginterpretasikan persyaratan hukum dan memastikan bahwa semua langkah berjalan sebagaimana mestinya untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang.

6. Menambah penghasilan dari investasi pada teknologi informasi

Hasil dari investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan risiko bisnis. CIM memastikan bahwa setiap potensi sumber teknologi informasi sepenuhnya diexplitasi oleh bisnis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: